Kamis, 02 Februari 2012

Seni Mencoret-coret Dapat Merangsang Otak

 

Apa yang akan anda lakukan bila anda ibu Zorro? Sebagai orangtua, kita seringkali keliru dengan persepsi yang kita miliki. Coret-coret membuat, rusak cat dinding rumah kita yang bagus. Telah ditemukan oleh Eisner (2002) seni memberikan kontribusi pada pertumbuhan pikiran, karena doodle ‘gambar yang tidak berarti’ merupakan proses belajar bagi anak. Sistem yang meliputi interaksi antara indrawi, atensi, kognitif, emosi dan motorik yang merupakan pendorong di proses belajar lainnya.
Doodling merupakan seni mencoret-coret yang sedang menjadi bahan perhatian banyak orang yang berdampak pada perkembangan atensi di executive function serta hemisphere kanan dan kiri. Atensi menurut Papalia (2009) dalam bukunya Human Development didefiniskan sebagai pemusatan daya mental seseorang. Sedangkan kontrol executive function penting dalam menekan respon dominan tertentu dan juga peralihan atensi antara beberapa tugas yang berbeda.

Ketika kita atau anak melakukan corat-coret, otak akan menjadi kreatif. Tiap individu mengembangkan berbagai seni yang berbeda di bagian otak, menggunakan coret-coret turut membantu mengasah visual thinking. Bukankah kita ingin anak tetap aktif, kreatif, tetapi juga merangsang otaknya. Nah, agar ini terwujud, perhatikan tumbuh kembang dan pelajari apa yang perlu disediakan. 



Usia 0 -12 bulan
Bayi yang masih di fase oral, senang memasukkan barang atau tangannya ke dalam mulut. Anak-anak sudah mampu membuat coret-coret. Atensi sudah berkembang di masa ini. Menurut Papalia (2009), usia 4 bulan, bayi sudah mengembangkan selective attention hingga sustained attention, mampu bertahan selama 5 menit.
Tip: siapkan alat tulis dengan ukuran cukup besar untuk digenggam. Lekas cuci atau basuh tangannya setelah selesai beraktivitas.

Usia 12 -  36 bulan
Batita sudah bisa menggunakan krayon dan kuas cat, perkembangan kognitifnya mengenai konsep ukuran, bentuk, warna dan ruang juga berkembang dengan baik. Berdasarkan tokoh kognitif, Piaget anak mulai mengenal simbol-realitas objek dari yang mengetahui dan diwakili dalam simbol-simbol yang dibentuk dan dimanipulasi oleh pikiran. Atensi anak bertahan lebih lama hingga 10 menit, tahapannya sudah pada executive attention seiring dengan perkembangan pemahaman dan bahasa si anak. Pada masa ini coret-coret awal dari menggambar, membaca dan menulis.
Usia 18 bulan, hemisphere kanan berkembang secara aktif, berikan stimulasi yang kreatif. Coret-coret yang sederhana akan memiliki arti (dinamai dan diberi suara). Usia mencapai 36 bulan, coret-coretnya akan membentuk suatu gambar yang lebih baik dan jelas.

Tip: Persiapkan alat gambar yang tepat, arahkan, beri contoh sehingga tidak disembarang tempat. Perhatikan penggunaan tangannya (condong kanan atau kiri). Tanyakan pada anak apa yang digambar dan berikan pujian secara lisan atau pelukan, hindari pemberian manisan untuk hadiah. Siapkan buku gambar, kertas tanpa garis, atau tempat melukis, agar otonominya berkembang dengan maksimal, jangan membentak atau memarahi tanpa alasan, bila mencoret di dinding rumah Anda. Berikan contoh pada anak untuk tempat yang tepat mencoret-coret.

Penting
Menganggap semua anak sama bukanlah pandangan yang tepat, karena anak adalah unik dan tumbuh kembangnya berbeda (ada yang cepat ada pula yang lambat). Pentingnya peran ibu dalam pemberian pendampingan (‘scaffolding’, diungkapkan oleh tokoh psikologi, Vygotsky) dapat membantu meningkatkan ritme aktivitas otak.
Ada beberapa jenis mencoret-coret: bila berbentuk binatang, menunjukkan anak yang bahagia; bentuk abstrak, menunjukkan pribadi yang berfikir bebas; berbentuk bunga menunjukan kreativitas atau feminitas; bila wajah menunjukkan emosi yang positif, negatif atau ragu-ragu.

Info mengenai otak
Empat perbedaan utama hemispheres pada otak
1.    Hemisphere kiri mengontrol bagian kanan badan; hemisphere kanan mengontrol bagian kiri badan
2.    Hemisphere kiri berfikir logis; hemisphere kanan berfikir serentak
3.    Hemisphere kiri fokus pada isi; hemisphere kanan fokus pada konteks
4.    Hemisphere kiri menganalisa rincian; hemisphere kanan melihat secara garis besar
Neuron atau sel di otak memiliki jalur biokimia yang membuat mereka tumbuh dan menjangkau neuron lain setiap kali mereka aktif. Sehingga menjaga dan mengembangkan neuron penting agar mereka tetap berkembang terutama pada masa golden age. Terlebih kabel otak kita tampaknya menjadi faktor utama dalam penentuan sifat kreativitas kita.
Oleh : Tarcisia
 
Sumber:

Anonymous. (2011). Do you doodle? Scholastic News vol. 79 no.20 , 2. 
Anonymous. (2001). Scribbles can measure kids' development. USA Today vol.130 no.2679 , 5. 
Cooper, N. (2007). Spootlight on... doodling. Personnel Today , 37. 
Gazzaniga, M. (2008). Learning, Arts, and the Brain. New York: Dana Press. 
Geddes, J. K. (2001). How doodles develop. Parenting vol.15 no.7 , 182.

2 komentar:

  1. Seni yang bagus juga dilakukan oleh orang dewasa, karena melatih kreativitas. Dan otak pun tetap terlatih untuk berkreasi. Trims infonya. .

    BalasHapus
  2. kiron virtual sports - viecasino.com starvegad starvegad leovegas leovegas 679Best indian bingo near me - Casinofib

    BalasHapus