Apa yang akan anda lakukan bila anda ibu Zorro? Sebagai
orangtua, kita seringkali keliru dengan persepsi yang kita miliki. Coret-coret
membuat, rusak cat dinding rumah kita yang bagus. Telah ditemukan oleh Eisner
(2002) seni memberikan kontribusi pada pertumbuhan pikiran, karena doodle ‘gambar yang tidak berarti’
merupakan proses belajar bagi anak. Sistem yang meliputi interaksi antara
indrawi, atensi, kognitif, emosi dan motorik yang merupakan pendorong di proses
belajar lainnya.
Doodling
merupakan seni mencoret-coret yang sedang menjadi bahan perhatian banyak orang yang
berdampak pada perkembangan atensi di executive
function serta hemisphere kanan dan kiri. Atensi menurut Papalia (2009)
dalam bukunya Human Development
didefiniskan sebagai pemusatan daya mental seseorang. Sedangkan kontrol executive function penting dalam menekan
respon dominan tertentu dan juga peralihan atensi antara beberapa tugas yang
berbeda.
Ketika kita atau anak melakukan corat-coret, otak akan menjadi kreatif. Tiap individu mengembangkan berbagai seni yang
berbeda di bagian otak, menggunakan coret-coret turut membantu mengasah visual thinking. Bukankah kita ingin
anak tetap aktif, kreatif, tetapi juga merangsang otaknya. Nah, agar ini
terwujud, perhatikan tumbuh kembang dan pelajari apa yang perlu disediakan.
|
Bayi yang masih di fase oral, senang memasukkan barang atau
tangannya ke dalam mulut. Anak-anak sudah mampu membuat coret-coret. Atensi
sudah berkembang di masa ini. Menurut Papalia (2009), usia 4 bulan, bayi sudah
mengembangkan selective attention hingga
sustained attention, mampu bertahan selama
5 menit.
Tip:
siapkan alat tulis dengan ukuran cukup besar untuk digenggam. Lekas cuci atau
basuh tangannya setelah selesai beraktivitas.
Usia 12 - 36 bulan
Batita sudah bisa menggunakan krayon dan kuas cat,
perkembangan kognitifnya mengenai konsep ukuran, bentuk, warna dan ruang juga
berkembang dengan baik. Berdasarkan tokoh kognitif, Piaget anak mulai mengenal
simbol-realitas objek dari yang mengetahui dan diwakili dalam simbol-simbol
yang dibentuk dan dimanipulasi oleh pikiran. Atensi anak bertahan lebih lama
hingga 10 menit, tahapannya sudah pada executive
attention seiring dengan perkembangan pemahaman dan bahasa si anak. Pada
masa ini coret-coret awal dari menggambar, membaca dan menulis.
Usia 18 bulan, hemisphere kanan berkembang secara aktif,
berikan stimulasi yang kreatif. Coret-coret yang sederhana akan memiliki arti
(dinamai dan diberi suara). Usia mencapai 36 bulan, coret-coretnya akan
membentuk suatu gambar yang lebih baik dan jelas.
Tip:
Persiapkan alat gambar yang tepat, arahkan, beri contoh sehingga tidak
disembarang tempat. Perhatikan penggunaan tangannya (condong kanan atau kiri).
Tanyakan pada anak apa yang digambar dan berikan pujian secara lisan atau
pelukan, hindari pemberian manisan untuk hadiah. Siapkan buku gambar, kertas
tanpa garis, atau tempat melukis, agar otonominya berkembang dengan maksimal, jangan
membentak atau memarahi tanpa alasan, bila mencoret di dinding rumah Anda.
Berikan contoh pada anak untuk tempat yang tepat mencoret-coret.
Penting
Menganggap semua anak sama bukanlah pandangan yang tepat,
karena anak adalah unik dan tumbuh kembangnya berbeda (ada yang cepat ada pula
yang lambat). Pentingnya peran ibu dalam pemberian pendampingan (‘scaffolding’, diungkapkan oleh tokoh
psikologi, Vygotsky) dapat membantu meningkatkan ritme aktivitas otak.
Ada beberapa jenis mencoret-coret: bila berbentuk binatang,
menunjukkan anak yang bahagia; bentuk abstrak, menunjukkan pribadi yang
berfikir bebas; berbentuk bunga menunjukan kreativitas atau feminitas; bila
wajah menunjukkan emosi yang positif, negatif atau ragu-ragu.
Info mengenai otak
Empat perbedaan utama hemispheres pada otak
1.
Hemisphere kiri mengontrol bagian
kanan badan; hemisphere kanan mengontrol bagian kiri badan
2.
Hemisphere kiri berfikir logis;
hemisphere kanan berfikir serentak
3.
Hemisphere kiri fokus pada isi;
hemisphere kanan fokus pada konteks
4.
Hemisphere kiri menganalisa
rincian; hemisphere kanan melihat secara garis besar
Neuron atau sel di otak memiliki
jalur biokimia yang membuat mereka tumbuh dan menjangkau neuron lain setiap
kali mereka aktif. Sehingga menjaga dan mengembangkan neuron penting agar
mereka tetap berkembang terutama pada masa golden
age. Terlebih kabel otak kita tampaknya menjadi faktor utama dalam
penentuan sifat kreativitas kita.
Oleh : Tarcisia
Sumber:
Anonymous.
(2011). Do you doodle? Scholastic News vol. 79 no.20 , 2.
Anonymous. (2001). Scribbles can measure kids' development. USA Today vol.130 no.2679 , 5.
Cooper, N. (2007). Spootlight on... doodling. Personnel Today , 37.
Gazzaniga, M. (2008). Learning, Arts, and the Brain. New York: Dana Press.
Geddes, J. K. (2001). How doodles develop. Parenting vol.15 no.7 , 182.
Anonymous. (2001). Scribbles can measure kids' development. USA Today vol.130 no.2679 , 5.
Cooper, N. (2007). Spootlight on... doodling. Personnel Today , 37.
Gazzaniga, M. (2008). Learning, Arts, and the Brain. New York: Dana Press.
Geddes, J. K. (2001). How doodles develop. Parenting vol.15 no.7 , 182.
Seni yang bagus juga dilakukan oleh orang dewasa, karena melatih kreativitas. Dan otak pun tetap terlatih untuk berkreasi. Trims infonya. .
BalasHapuskiron virtual sports - viecasino.com starvegad starvegad leovegas leovegas 679Best indian bingo near me - Casinofib
BalasHapus